Rabu, 03 April 2013

TIPS Cepat dalam Menghafal Rumus Metode Abyan dengan Nyanyian



Oleh: Hari Barkah*



Pada tulisan sebelumnya, telah dipaparkan satu di antara lima alasan bagi anda untuk mempelajari Metode Abyan guna mencapai kemampuan membaca kitab gundul, yakni metode ini berusaha untuk senantiasa memberikan kemudahan bagi anda pada setiap pembelajarannya.

Mari kita lihat salah satu rumus Metode Abyan poin ke-3 yang membuat kata benda tunggal dibaca i/in jika didahului mereka di bawah ini.


 



Dapatkah dengan cepat anda menghafalkannya? Barangkali ketika anda menjawab bisa, berarti anda memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Namun ketika anda merasa tidak mampu menghafalkan rumus ke-3 ini dengan cepat, tak perlu berkecil hati karena itu merupakan sebuah kewajaran dan sebagian besar orang pun akan mengalami hal yang sama, termasuk saya sendiri.

Seiring waktu berjalan, inovasi-inovasi pembelajaran Metode Abyan lahir untuk membuat anda cepat untuk menghafalkan rumus-rumusnya, termasuk rumus ke-3 di atas. Satu di antaranya adalah dengan cara melagukannya.  Ada beberapa tips agar lagu Metode Abyan anda kuasai dan aplikasikan langsung pada kalimat bahasa Arab.

1.       Biasakan terlebih dahulu mendengarkan nyanyian secara alami. Tanpa diniatkan untuk menghafal, juga tanpa melihat tulisan rumusnya. Anda bisa memanfaatkan MP3 player pada Handphone, DVD, atau yang lainnya.

2.       Dengarkan nyanyiannya disertai 2 lembar rumus di tangan anda. Cara ini membantu anda untuk menyamakan apa yang anda dengar dengan tulisan Arab yang anda lihat.

3.       Coba anda nyanyikan secara langsung tanpa bantuan media. Bila anda merasa sudah mampu, anda dapat meminta bantuan teman untuk mengetes hafalan rumusnya.

4.       Setelah hafal, anda pun dapat langsung mengaplikasikan rumus tersebut pada latihan yang terdapat dalam buku.

5.       Terakhir adalah ajarkan hafalan rumus dan aplikasinya kepada orang lain. Dengan cara ini niscaya anda akan semakin menguasai rumus Metode Abyan dan hafalan yang anda miliki akan menjadi ingatan yang menghunjam dalam benak anda. Wallahu a’lam bisshowab.

*) Co-Writer Buku “Metode Abyan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar