Berita Media Online

Loading...

Rabu, 27 Maret 2013

Pengaruh Al Qur’an Terhadap Bahasa Arab

Oleh: Adi ST



Bahasa Arab telah dipilih Allah SWT sebagai bahasanya Al Qur’an (QS Az-Zukhruf: 1-3). Padahal saat Al Qur’an turun, dari segi jumlah pengguna jauh lebih banyak masyarakat dunia yang menggunakan bahasa selain Arab. Pemilihan ini sedikit banyak memberikan petunjuk mengenai keistimewaan bahasa Arab dibandingkan bahasa lainnya.

Bahasa Arab memiliki banyak dialek, namun seiring dengan datangnya Islam dialek seperti Tamim, Qays dan Himyar perlahan menghilang dan hanya menyisakan dialek Qurays. Sebelum Islam datang, dialek Qurays memang telah dikenal masyarakat Arab karena mereka terbiasa datang ke Mekah untuk berziarah atau berdagang di pasar Ukaz. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa kedatangan Islam telah menstandarisasi bahasa Arab.

Al Qur’an membantu mengembangkan dan memperkaya bahasa Arab dengan berbagai cara, antara lain:

·         1. Mengenalkan makna baru dari kata-kata yang telah ada sebelumnya, seperti jahiliyah, shalat, shiyam, mu’min, kafir, fasiq, munafiq

·         2. Mengenalkan berbagai istilah hukum, seperti al-li’an, al-zhihar, al-‘iddah, al-hadhanah

·         3. Memunculkan berbagai bidang ilmu dari upaya mempelajari Al Qur’an seperti qira’ah (seni membaca), tafsir, nahwu (tata bahasa), balaghah, dan fiqh.

·         4. Mengenalkan banyak sekali istilah khas dalam berbagai bidang ilmu tersebut

·         5. Mengenalkan suatu bentuk sastra baru yang gaya bahasanya tidak mirip dengan syair, khutbah, atau ucapan tukang tenung yang biasa dikenal orang Arab

Jelaslah, betapa besarnya pengaruh Al Qur’an itu. Rasa-rasanya, tidak pernah ditemui sebuah kitab tunggal yang mampu memberi pengaruh demikian hebat terhadap sebuah bahasa seperti yang dilakukan Al Qur’an terhadap bahasa Arab. Karenanya tidaklah mengherankan, jika peradaban yang dibangun Al Qur’an pun mampu memberi pengaruh yang dahsyat terhadap kehidupan umat manusia pada masa kejayaannya dulu.



Sumber: Invasi Politik dan Budaya Asing (2013) oleh Salim Fredericks

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar