Selasa, 20 Mei 2014

Pemasok Utama Kertas Al Qur'an Dunia: Indonesia

Oleh: Adi ST
 

Tahukah anda bahwa Indonesia adalah pemasok utama kertas Al Qur'an dunia? Ya, memang demikianlah faktanya. Kertas kualitas ekspor dari Indonesia tersebut diproduksi oleh sebuah pabrik kertas di Tangerang Selatan, Provinsi Banten yakni PT Indah Kiat Pulp and Paper dengan nama Sinartech atau Qur'an Paper. Kertas produksi mereka ini memang memiliki tekstur khusus dan kualitas cetak khusus pula.Demikian menurut berita di Pos Kota News.

Negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Turki, Suriah, Lebanon merupakan negara pemesan yang menyerap 80-90 persen dari kapasitas produksi pabrik yang mencapai 12 ribu ton per tahun itu. Padahal kita tahu bahwa pusat percetakan Al Qur'an dunia ada di negara-negara tersebut. Maka dari itu, bolehlah kita bersyukur negeri kita punya kontribusi yang tidak kecil terhadap penyebaran Al Qur'an di dunia.


Namun sebenarnya kebutuhan akan Al Qur'an tercetak di dalam negeri saja masih sangat besar. Jika kita lihat data Kementerian Agama tahun 2011, kebutuhan akan mushaf Al Qur'an di Indonesia mencapai 2 juta mushaf. Sementara percetakan nasional baru mampu memenuhi kebutuhan sekitar 50 ribu - 60 ribu mushaf saja per tahun. Artinya kesenjangan yang ada masih sangat besar. Karena itu, ini bisa menjadi salah satu peluang dakwah bagi individu yang peduli terhadap persebaran Al Qur'an di berbagai pelosok daerah atau pun organisasi yang bergerak di bidang waqaf Al Qur'an, seperti Badan Waqaf Al Qur'an yang telah eksis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar